Pengakuan, (dengan koma)

Komplikasi dalam diriku sebenarnya tidak serumit orang-orang dewasa punya, tetapi tetap membuatku resah.

Sudah satu semester aku berkuliah, dan begitu banyak yang berubah dalam hidupku. Ada perubahan yang baik, ada juga yang tidak. Menjadi mahasiswa sastra di salah satu universitas di Depok ini tidak mudah bagiku. Tidak semudah itu. Begitu banyak cultural shock dalam diriku tapi untungnya tidak mengimplikasikan hal yang signifikan.

Aku.. takut.

Hanya perasaan itu yang mengganjal dalam diriku dan sekarang menggerogoti dagingku. Aku tidak tahan lagi sebenarnya tapi apa daya, apapun hasilnya nanti itu adalah hal yang terbaik.

Sekarang aku banyak belajar tentang hidup. Hidup sebagai manusia itu sendiri, hidup sebagai manusia yang menyembah Tuhan, hidup sebagai pelajar, hidup sebagai harapan bangsa, dan banyak lagi. Manusia itu banyak mengeluh. Terkadang mengeluh itu wajar tetapi ketika keluhan itu sudah berlebihan rasanya manusia itu sendiri yang salah. Itu hal yang ku pelajari. Salah satunya tentu saja.

Aku juga belajar bagaimana yang terjadi dalam hidup kita sekarang adalah kompetisi. Semua orang berkompetisi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani atau rohani. Seperti aku yang berkompetisi ditengah manusia-manusia cerdas sementara aku bukan tipe manusia yang seperti itu. Sehingga aku perlu bahan bakar yang lebih banyak untuk mengejar ketertinggalanku dengan mereka.

Aku juga belajar banyak tentang mimpi. Bagaimana mimpi itu diwujudkan, bagaimana kita menaiki tangga untuk menuju mimpi kita dan tidak merasa puas atas apa yang aku miliki saat ini. Dalam konteks ini, ilmu yang saya maksud. Ilmu yang tidak terbatas dan saya memilih satu bidang dari sekian banyaknya cabang ilmu: Bahasa.

Aku harap setelah menulis ini rasa takut dalam dadaku akan menghilang. Rasa khawatir itu akan sirna diterpa waktu.

Ah, apakah aku sudah utuh kembali?

Sebaiknya aku berkutat dengan tugasku lagi.

Tinggalkan Balasan

