Arsip Bulanan: Agustus 2015

Gagal Ketemu Naya & Jebraw

Sejujurnya, sakit sih ngepost ini. Literally, pain. Tapi, Peter Van Houten bilang bahwa “Pain remains to be felt.” So, why don’t I write this such tiny pain?

Awalnya pada tanggal 23 Agustus, gue lagi iseng buka Instagram trus ada teasernya Naya sama Jebraw tentang Grand Launching Jalan2Men 2015. Gue ngefans dari jalan2men pertama kali ada. Waktu itu temen gue Tami yang ngasih tau gue ada acara yang super seru banget yang dikeluarin Males Banget dot com.

Gue sih udah tau MBDC pas kelas 10. Dulu, pas jaman-jaman jadi pengurus OSIS gue ‘disupply’ video MBDC sama temen gue yang rada absurd. Mulai dari Telemakita sampe video-video tentang tips aneh. Nah, mulai dari situ gue kenal MBDC. So, I’ve known MBDC for 4 years until now. I think, it’s not such a big think since I’m not BIG fan of MBDC. However, I still watch MBDC’s videos now and then.

Nah, balik lagi ke acara Grand Launching Jalan2Men 2015. Acaranya bertempat di Fx Sudirman lantai 7, yaitu di Cinemaxxnya. Gue langsung excited trus langsung ngisi form registrasi online. Trus, gue ajakin juga temen gue yang ngefans banget ama Naya & Jebraw. Awalnya bingung sih nanti dapet email konfirmasi atau engga, di instagram juga ada yang nanya tapi gak di respon sama adminnya. Gue jadi beranggapan, mungkin kalo udah regis kita pasti bisa masuk. Karena seumur gue hidup, gue belum pernah diusir dari suatu event cuma gara-gara hal sepele.

Pas tanggal 26 Agustus, gue dan temen gue berangkat dari Stasiun UI kira-kira jam 1 kuranglah. Well, ini agak konyol sih. Acaranya baru mulai jam 5 sore, tapi registrasinya udah mulai jam 3 sore. Yaudahlah kita cari aman dengan berangkat ‘pagi’. Kita turun di St.Sudirman, trus naik Busway jurusan blok M dan turun di halte Gelora Bung Karno. Tinggal jalan dikit dari GBK, nyampelah di Fx. Jam udah menunjukan jam setngah tiga tapi pas kita ke atas: SEPI. Lanjutkan membaca Gagal Ketemu Naya & Jebraw

Apa itu EAL?

What is EAL?

“EAL (English Art Lab) is a non-profit community based in English Department University of Indonesia.”

Nah, kita bisa garis bawahi ‘non-profit community’, pasti bisa tebak dong EAL basisnya apa? Yup, EAL ini komunitas yang tidak mencari keuntungan, justru memberi keuntungan bagi masyarakat. Masyarakat yang dimaksud ini lebih spesifiknya adalah anak-anak Indonesia.  EAL ini berdedikasi untuk mengembangkan budaya kepada anak-anak melalui penampilan teatrikal dan storytelling.

Kami juga mempunyai program-program tersendiri yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak dan remaja Indonesia.

EAL ini sudah berkembang pesat lho. Walaupun baru 4 tahun berjalan, program-programnya berjalan dengan lancar dan bisa membantu anak-anak di luar sana, terutama yang berdomisili di wilayah Jabodetabek.

Tentu, keberlanjutan dari EAL ini berkat Founding Fathersnya EAL yaitu:

Founder:
Herlin Putri
(Artistic Director & Chief Executive)

Co-Founders:
Rahadian Adetya
Wanodya Bangun Pertiwi
Avrila Bayu
Malik Ganis Ilman

Founder EAL

 

Berkat orang-orang yang luar biasa ini EAL memiliki 100 volunteer terhitung sejak tahun 2014, lho. Keren, kan?

Selanjutnya, program apa saja yang dicanangkan oleh EAL ini?? Lanjutkan membaca Apa itu EAL?

Pilihan di atas Pertaruhan

Kita.. dilahirkan untuk memilih.

Bukan hidup adalah pilihan.

Hidup mempunyai berbagai macam bentuk. Kitalah yang memilih bagaimana untuk hidup. Bukan sebaliknya.

Beragam orang punya masing-masing pilihannya sendiri. Seseorang lebih memilih cinta pada manusia. Seorang lainnya memilih cinta kepada Tuhan. Ada lagi yang memilih karir. Orangtua. Lanjutkan membaca Pilihan di atas Pertaruhan

Tidak Ada Rendang di antara Kita

Pagi-pagi,
kudengar berita di televisi,
tentang berita hilangnya si pedagang sapi.

Ku resah,
Aku ingin makan Sapi hari ini
..sayang.

Tidak ada bakso,
tidak ada babat,
Warung nasi dipenuhi sayur ikan semata

Ku beranjak pada warung kegemaran
Warung nasi padang.
Sepi..
Nasi padang sudah tidak sempurna lagi.

Tidak ada rendang di antara kita.

LTM MPK AGAMA : Kedudukan dan Fungsi Al-Sunnah

LTM

SUMBER AJARAN ISLAM

Kedudukan dan Fungsi Al-Sunnah

 

Nama: Shafira Linda R

NPM   : 1406613971

 

BAB I

PENDAHULUAN

            Sumber ajaran Islam tidak hanya satu sumber saja, melainkan meliputi tiga hal, yaitu: AAl-Quran, Ijtihad, dan al-Sunnah. Al-Sunnah adalah perkataan Rasulullah yang di tulis dan di ‘rekam’. Al-Sunnah ini merupakan penjelasan atau penjabaran al-Quran mengingat al-Quran tidak memuat hal yang detail dan bersifat universal.

Saat ini, al-Sunnah ini merupakan sumber ajaran Islam yang dipakai umat Islam bersama-sama dengan al-Quran.

BAB II

ISI

  1. Kedudukan al-Sunnah

Kedudukan al-Sunnah dalam sumber ajaran Islam yaitu menempati tempat kedua setelah-Al-Quran. Hal ini dikarenakan para ulama telah sepakat bahwa al-Sunnah memiliki keterkaitan yang erat dengan al-Quran. Tetapi, sebagian juga berpendapat al-Sunnah adalah sumber ajaran yang setara dengan al-Quran. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, al-Sunnah merupakan penjabaran hal-hal khusus dari al-Quran yang bersifat umum.

Menurut Imam al-Syafi’i al-Sunnah tidak bisa di pisahkan dengan al-Quran karena dua sumber ini merupakan satu kesatuan yang mendukung dan berkorelasi. Maka mazhab Imam Syafi’i menetapkan satu kaidahnya bahwa sumber hukum Islam adalah al-Quran beserta al-Sunnah atau yang biasa kita sebut hadist. Berikut adalah dalil yang mendukung pendapat Imam Syafi’i: Lanjutkan membaca LTM MPK AGAMA : Kedudukan dan Fungsi Al-Sunnah

Teruntuk Teman Lamanya si Firalinda

Halo.

Hai.

Sudah menunggu ya?

Ketika aku bertanya padamu apakah aku masih sahabatmu, aku tidak berharap apa pun. Tak ada yang terlintas. Karena aku sudah pernah merasakan dicampakkan dan dibuang. Kasarnya sih begitu.

Mungkin.. apa ya yang tepat? Aku juga tidak tahu. Mungkin, kau juga tidak tahu. Satu kata, mantra, atau mungkin jalan pintas yang kamu sering ucapkan : “Bingung.” Lanjutkan membaca Teruntuk Teman Lamanya si Firalinda

Berobat di RS Al-Islam Pakai BPJS

BPJS tentunya sudah dipakai oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Walaupun berbagai macam kontroversi berkenaan BPJS, tiap harinya pendaftar BPJS masih banyak saja. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan menengah, BPJS sudah menjadi jaminan kesehatan yang di andalkan.

BPJS katanya haram?

Yakin?

Menurut hemat saya, BPJS lebih memberikan dampak positif daripada dampak negatifnya. Hal ini di alami oleh keluarga saya sendiri. Keluarga saya terhitung keluarga yang pas-pasan. Pas butuh, rejekinya ada. Alhamdulillah. Keluarga saya mengambil BPJS Kelas 3. Jangan diremehkan juga lho, walaupun kelas 3, fasilitas yang disediakan oleh pihak BPJS memuaskan juga.

8 bulan lalu Ibu saya mengalami Apendisitis alias Penyakit Usus Buntu. Setelah berobat ke Puskesmas dan ke klinik sana sini, semua dokter menyarankan Ibu untuk segera operasi. Awalnya kami bingung karena biaya operasi usus buntu cukup besar yaitu sekitar 10 juta kalau di totalkan dengan obat dan rawat inap. Ada pula yang menyarankan ke RS lain, tetapi biaya operasinya tidak ditanggung semua oleh BPJS. Akhirnya, tetangga kami memberitahu kalau di RS. Al-Islam menggratiskan operasi usus buntu bagi peserta BPJS. Segeralah saya dan Ibu saya meminta surat rujukan ke Faskes 1.

Lanjutkan membaca Berobat di RS Al-Islam Pakai BPJS